LAPORAN SURVEY DAN DEFINE REQUIREMENT SISTEM INFORMASI INVENTORI TOKO RINDANG JEMBER

LAPORAN SURVEY DAN DEFINE REQUIREMENT SISTEM INFORMASI INVENTORI TOKO RINDANG JEMBER

Mata Kuliah Sistem Informasi Jasa Berbasis Layanan






Oleh : Gol C
Mambaur Roziq A.               (E41161383)
Damar Novtahaning             (E41161281)
Nabila Inayah                        (E41161578)
M. Akbar Kameswara          (E41161326)




KEMENTERIAN RISET, TEKNOLOGI, DAN PENDIDIKAN TINGGI
PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA
JURUSAN TEKNOLOGI INFORMASI
POLITEKNIK NEGERI JEMBER
2018





 I.     Laporan Persiapan Survei

 

1.1  Fakta Bisnis

Fakta bisnis : Persediaan.
Memanagement persediaan barang yang tersimpan ditempat penyimpanan mencangkup proses pemasukan, pengeluaran, retur, list barang yang disimpan hingga pelaporan dari persediaan barang yang ada.

1.2  Data

Data yang sudah kami pahami sebagai bahan yang akan digunakan untuk survei adalah S.O.P tentang pergudangan secara umum dan data jenis barang.

1.3  Informasi

Informasi yang kami dapatkan dari data yang telah kami kumpulkan adalah:
a.       Cara pemasukan stok barang
b.      Cara pengeluaran stok barang
c.       Cara meretur barang
d.      Cara pelaporan transaksi.
e.       Jenis barang yang digunakan dalam sistem




 II.     Laporan Hasil Survei


Kami kelompok 5 telah melakukan survey terkait sistem informasi inventori di toko Rindang Jember dan telah melakukan persiapan seperti menentukan narasumber, menentukan pewawancara, draft pertanyaan, alat yang dibutuhkan, kapan pelaksanaan survey, dan kegiatan apa saja yang dilakukan.

Narasumber kami adalah
1.      Owner toko Rindang.
Pewawancara :
1.      Mambaur Roziq A.                 (E41161383)
2.      Damar Novtahaning                (E41161281)
3.      Nabila Inayah                          (E41161578)
4.      M. Akbar Kameswara             (E41161326)
Alat wawancara :
1.      Smartphone (untuk merekam dan mengambil foto)
2.      Buku catatan dan alat tulis
Kami melakukan wawancara pada :
Hari, tanggal   : Sabtu, 07 April 2018
Pukul               : 10.00 – selesai WIB
Alamat                        : Jl. Kalimantan No.23, Tegal Boto, Sumbersari, Jember, 68121
Kegiatan          :
1.      Wawancara kepada owner
2.      Observasi gudang
3.      Dokumentasi


2.1  Wawancara
2.1.1        Persiapan
Menentukan pertanyaan apa saja yang diperlukan selama wawancara
Draf Pertanyaan :
No.
Pertanyaan
1.                  
Bagaimana alur pendataan keluar masuknya barang?
2.                  
Bagaimana penataan penyimpanan barang, apakah dikelompokkan atau tidak?
3.                  
Apakah ada petugas khusus yang mengelola pergudangan atau penyimpanan?
4.                  
Bagaimana dengan ketentuan pelaporannya?
5.                  
Apakah pernah ada retur barang dan keadan barang seperti apa yang diretur?

2.1.2        Hasil  
Hasil Wawancara
No.
Pertanyaan
Jawaban
1.       
Bagaimana alur pendataan keluar masuknya barang?
Barang masuk, di cek barangnya, di catat nama barang, kode barang, jumlah barang, harga barang dan total harga barang dimasukkan pada data toko. Barang keluar berarti barang yang terjual atau ditaruh ditoko.
2.       
Bagaimana penataan penyimpanan barang, apakah dikelompokkan atau tidak?
Tidak semua barang barang disimpan sesuai kategori
3.       
Apakah ada petugas khusus yang mengelola pergudangan atau penyimpanan?
Tidak ada, semua petugas dapat mengelola Gudang penyimpanan
4.       
Bagaimana dengan ketentuan pelaporannya?
Pelaporannya rekap pemasukan dan pengeluaran hanya sebatas kwitansi, untuk pelaporan rutin tiap bulan belum tersedia.
5.       
Apakah pernah ada retur barang dan keadan barang seperti apa yang diretur?
Untuk pereturan barang, dilakukan setiap ada pengecekan barang masuk, jika ada kerusakan atau barang tidak sesuai pesanan akan dikembalikan. Barang akan dikembalikan disaat pengiriman barang dilakukan.





2.2  Observasi
2.2.1        Persiapan
Menentukan apa saja yang akan diobservasi :
a.       Penataan barang di gudang
b.      Sistem yang sudah ada
2.2.2        Hasil
Hasil observasi yang telah kami lakukan yaitu
a.       Penataan barang digudang sebagian barang sudah tersimpan sesuai kategori.
b.      Sistem yang digunakan menjadi satu dengan sistem kasir, tidak adanya pengelolahan gudang secara khusus.
Gambar saat melakukan observasi terlampir pada lampiran gambar 2.1 dan gambar 2.2

2.3  Dokumentasi
2.3.1        Persiapan
Menanyakan tentang dokumen yang dapat dikokumentasikan, record dan record.
2.3.2        Hasil
Mendapat contoh dokumen pembelian, contoh tampilan sistem yang ada. Gambar terlampir pada lampiran gambar 2.3, gambar 2.4 dan gambar 2.5



III.     Define requirement


Fungsional
Input
Proses
Output
A.    Hak akses
1)      Petugas  
B.     Master Data
1)      Data petugas
2)      Data barang
3)      Data transaksi
A.    Transaksi
-       Proses login petugas
-       Proses pengolahan data barang (mencatat data barang masuk, retur dan keluar, mengedit data barang)
-       Proses pencarian data
-       Proses perekapan data
B.     Query
-       Data petugas dengan data barang
-       Data barang dengan transaksi
Ø  Report
Berupa bentuk fisik (Laporan pemasukan, pengeluaran dan retur)
Ø  Record
Berupa laporan pemasukan, pengeluaran dan retur setiap bulan (fisik dan non-fisik)
Non-fungsional
Hardware
OS
Tools
Ø  Utama
-       Komputer
§  Kebutuhan prosessor
RAM : 512
HDD : 1T
§  Spesifikasi
Min pentium 2
§  Keamanan
Menggunakan password
-       printer

Berjalan pada OS windows 7 s/d windows 10
Ø  Database
-          PHPmyadmin




Lampiran


     
Gambar 2.1 Penataan barang                        Gambar 2.2 Penataan barang

Gambar 2.3 Sistem pemasukan barang

Gambar 2.4 Sistem pengeluaran barang
Gambar 2.5 Fraktur Pembelian










LAPORAN SURVEY DAN DEFINE REQUIREMENT SISTEM INFORMASI INVENTORI TOKO RINDANG JEMBER LAPORAN SURVEY DAN DEFINE REQUIREMENT SISTEM INFORMASI INVENTORI TOKO RINDANG JEMBER Reviewed by Unknown on 08:33 Rating: 5

No comments