Inputan dari Keyboard pada Pemrograman Java


     Di dunia ini memang banyak sekali bahasa yang digunakan oleh para programmer dalam menciptakan sebuah software maupun aplikasi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pemrograman java. Nah, berbicara mengenai Inputan, di dalam Java terdapat beberapa cara bisa dilakukan untuk mendapatkan masukan dari keyboard, diantaranya yaitu :

  • Kelas Scanner
  • Kelas Buffered Reader
  • GUI (Graphical User Interface) JOptionPane
Perbedaan antara ketiganya antara lain :

  1. Untuk Scanner , ketika ada perhitungan matematika, maka variabel yang akan digunakan dalam perhitungan tidak perlu dikonversikan lagi, bisa langsung dihitung.
  2. Lain halnya dengan fungsi (InputStreamReader + BufferedReader) yang perlu dikonversikan terlebih dahulu sebelum dilakukan perhitungan matematika pada variabel yang akan digunakan.
  3. JOptionPane yang merupakan packages dari javax.swing, digunakan untuk input dan output data berbasis GUI swing. Tampilannya memudahkan pengguna karena berupa dialog box.
Cara Mendapatkan input dengan menggunakan kelas Scanner

Deklarasi umum penggunaan kelas Scanner adalah sebagai berikut :

Scanner BacaInput = new Scanner(System.in);
  • BacaInput adalah suatu variabel bertipe Scanner
  • new Scanner(System.in) : menciptakan suatu objek bertipe Scanner
Kelas Scanner berada pada paket java.util, maka anda harus mengimpornya terlebih dahulu pada baris sebelum deklarasi class dengan sintaks :

import java.util.Scanner;
    Sedangkan metode-metode untuk objek Scanner sebagai berikut : 

    MetodePenjelasan
    nextByte()Membaca suatu integer bertipe byte
    nextShort()Membaca suatu integer bertipe Short
    nextInt()Membaca suatu integer bertipe Int
    nextLong()Membaca suatu integer bertipe Long
    nextFloat()Membaca suatu angka pecahan bertipe float
    nextDouble()Membaca suatu angka pecahan bertipe Double
    next()Membaca suatu string yang berakhir dengan karakter spasi
    nextLine()Membaca sebaris teks (Suatu strings yang berakhir dengan enter)


    Cara mendapatkan input dengan menggunakan kelas BufferedReader

    Sintaks untuk meggunkan kelas BufferedReader adalah sebagai berikut :

    BufferedReader DataIn = new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));
           Pada Class BufferedReader juga terdapat fungsi untuk menerima inputan dari keyboard yaitu dengan fungsi readLine(). Untuk menggunakan BufferedReader perlu diimporkan terlebih dahulu library berikut agar berjalan dengan sempurna :
      • import java.io.BufferedReader;
      • import java.io.InputStreamReader;
      • import java.io.IOException;
      Cara mendapatkan input dengan menggunakan GUI (Graphical User Interface) JOptionPane

           Cara lain mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan kelas JOptionPane yang di dapatkan dari javax.swing package. Dengan menggunakan JOptionPane ini dapat mempermudah dengan memunculkan dialog box yang memberikan kepada user sebuah nilai atau menginformasikan sesuatu.
      Inputan dari Keyboard pada Pemrograman Java Inputan dari Keyboard pada Pemrograman Java Reviewed by Unknown on 05:14 Rating: 5

      No comments