Inputan dari Keyboard pada Pemrograman Java
Di dunia ini memang banyak sekali bahasa yang digunakan oleh para programmer dalam menciptakan sebuah software maupun aplikasi. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai pemrograman java. Nah, berbicara mengenai Inputan, di dalam Java terdapat beberapa cara bisa dilakukan untuk mendapatkan masukan dari keyboard, diantaranya yaitu :
- Kelas Scanner
- Kelas Buffered Reader
- GUI (Graphical User Interface) JOptionPane
- Untuk Scanner , ketika ada perhitungan matematika, maka variabel yang akan digunakan dalam perhitungan tidak perlu dikonversikan lagi, bisa langsung dihitung.
- Lain halnya dengan fungsi (InputStreamReader + BufferedReader) yang perlu dikonversikan terlebih dahulu sebelum dilakukan perhitungan matematika pada variabel yang akan digunakan.
- JOptionPane yang merupakan packages dari javax.swing, digunakan untuk input dan output data berbasis GUI swing. Tampilannya memudahkan pengguna karena berupa dialog box.
Deklarasi umum penggunaan kelas Scanner adalah sebagai berikut :
Scanner BacaInput = new Scanner(System.in);
- BacaInput adalah suatu variabel bertipe Scanner
- new Scanner(System.in) : menciptakan suatu objek bertipe Scanner
import java.util.Scanner;
Sedangkan metode-metode untuk objek Scanner sebagai berikut :
Metode | Penjelasan |
---|---|
nextByte() | Membaca suatu integer bertipe byte |
nextShort() | Membaca suatu integer bertipe Short |
nextInt() | Membaca suatu integer bertipe Int |
nextLong() | Membaca suatu integer bertipe Long |
nextFloat() | Membaca suatu angka pecahan bertipe float |
nextDouble() | Membaca suatu angka pecahan bertipe Double |
next() | Membaca suatu string yang berakhir dengan karakter spasi |
nextLine() | Membaca sebaris teks (Suatu strings yang berakhir dengan enter) |
Cara mendapatkan input dengan menggunakan kelas BufferedReader
Sintaks untuk meggunkan kelas BufferedReader adalah sebagai berikut :
BufferedReader DataIn = new BufferedReader (new InputStreamReader(System.in));
Pada Class BufferedReader juga terdapat fungsi untuk menerima inputan dari keyboard yaitu dengan fungsi readLine(). Untuk menggunakan BufferedReader perlu diimporkan terlebih dahulu library berikut agar berjalan dengan sempurna :
- import java.io.BufferedReader;
- import java.io.InputStreamReader;
- import java.io.IOException;
Cara lain mendapatkan input dari user adalah dengan menggunakan kelas JOptionPane yang di dapatkan dari javax.swing package. Dengan menggunakan JOptionPane ini dapat mempermudah dengan memunculkan dialog box yang memberikan kepada user sebuah nilai atau menginformasikan sesuatu.
Inputan dari Keyboard pada Pemrograman Java
Reviewed by Unknown
on
05:14
Rating:

No comments